Friday, February 21, 2014

[Review Buku] 5 cm.



Author: Donny Dhirgantoro
Penerbit: Grasindo
381 halaman

Untuk buku ke-50 yg akan gw review di goodreads, gw mesti milih2 dulu mau baca buku yg mana. Di antara buku baru yg belom gw baca, gw putuskan untuk baca buku lawas yg udah lapuk ini. Buku ini cetakannya 2005, dan gw bacanya ya dulu itu, udah hampir 10 tahun coba. Kemudian tiba-tiba dibikin filmnya tahun lalu, dimana gw udah lupa ceritanya kayak gimana, trus ada debat2 yg mempermasalahkan aspek naik gunungnya. Yah, meskipun telat setahun buat menganalisanya, gw baca lagi buku ini demi mencari kebenaran tentang kontroversi itu.

Yang paling banyak dikeluhkan sama penonton film (yg udah pernah naik gunung) adalah ceritanya ngasal banget soalnya karakter2 utama di buku ini (yg berisi 6 orang sahabat) naik gunung begitu aja tanpa persiapan yg matang, hanya berbekal semangat pantang menyerah trus bisa aja. Pas gw baca, ternyata... emang gitu sih dia nulisnya. Jadi kesalahan sejak awal ada di penulisnya. Begini situasinya. Di antara mereka, baru Genta yg udah pernah naik sampe puncak Mahameru, dan itupun baru sekali doang. Tapi dia pede banget ngasih surprise ke temen-temennya buat naik gunung tanpa pemberitahuan sebelum hari-H, dan cuma ngasih petunjuk buat "olahraga kecil-kecilan" seminggu sebelumnya. Nah, silahkan lah dibantai buat bagian ini.

Gw yakin penulisnya ga ngasal nulis, maksudnya nulis tentang manjat gunung tapi dia sendiri belom pernah ngerasain. Oh, gw yakin Donny Dirgantara ini orang yg sering manjat gunung waktu jamannya, dia ngerti risiko bahaya dan hal-hal yg mesti diperhatikan, tapi kayaknya lupa nulisinnya, atau mungkin demi dramatisasi ceritanya. Iya, untuk dramatisasi, makanya plot naik gunungnya ini jadi kurang masuk akal. Meski begitu, di sini diceritain kok tentang risiko2, bahwa banyak juga orang yg nyasar dan hilang waktu naik gunung. Genta sendiri juga sempet diceritakan menyesal karena ngajak temennya tanpa persiapan. Tapi ya demi dramatisasi, mereka semua berhasil juga naik (dengan dibikin drama si Ian sempet pingsan ketiban batu).

Masalah di filmnya emang lebih kacau dibanding buku, selain karena dari bukunya udah begitu, di film dibikin maksa lagi. Yg manjat pake jeans lah, trus mereka yg tiba2 puitis, trus mimpin upacara bendera di puncak Mahameru. Di buku lebih masuk akal. Ga dijelasin sih mereka pake jeans ato ga. Trus kalo masalah puitis, mereka emang orangnya begitu, suka ngobrol macem2 dari musik berita sampe masalah filosofi para pemikir, jadi normal aja kalo keliatan puitis. Mungkin di film gambaran ini yg ga ditampilkan secara menyeluruh (dipotong demi durasi). Nah kalo yg mimpin upacara, itu emang satu lagi, filmnya yg maksa. Di buku, mereka ngikut upacara sebagai peserta, berame2 sama pendaki gunung yg lain. Yah, namanya juga film, pengennya keliatan keren tapi maksa.

Ya, mungkin harusnya ditambahin disclaimer, kalo ini fiksi, kalo manjat gunung ga segampang itu. Tapi kalo diliat dari gaya nulisnya yg bebas gini, ga bisa diharapkan sih.

Sudah? Belum. Selain plot naik gunung tadi, masalah utama dari buku ini adalah: nulisnya ngasal, dan ngeditnya juga ga jelas. Yg gw maksud adalah, struktur penulisannya ga merhatiin peraturan, terutama kentara banget di bagian dialog. Banyak dialog yg nulisnya ngasal, tanda petiknya cuma sebelah, trus tiba-tiba nongol, atau ganti baris tanda petik tapi masih orang yg sama, jadinya ga jelas siapa yg lagi ngomong. Antara paragraf tiba2 nyelonong tanda petik dialog. Menurut gw ini yg paling mengganggu.

Lalu ada juga hal-hal lain kayak nulis kata-kata yg dipotong-potong pake titik-titik biar kesannya ngomongnya pelan. Kayak gini nih: "Kita... gak akan... ke sana... malem ini..." Penulisan seperti ini bikin yg baca bayanginnya dialognya jadi super lambat, padahal sepertinya bukan itu maksudnya. Fokus persoalan juga kurang jelas, mereka kebanyakan ngalor ngidul dan bahas hal-hal random, lalu masukin unsur nasionalisme, persahabatan, dan macem2 di sana.

Tapi pada akhirnya gw ngasih rating 4 bintang. Kenapa? Karena ternyata asik bacanya, dan buat gw (juga banyak orang yg dicerminkan rating rata-rata goodreadsnya yg 3.80) buku ini dapet. Semacam baca bukunya raditya dika, batasnya blur antara fiksi ato ocehan2 penulisnya. Selain itu, buku ini memberikan motivasi buat pembacanya, yg dibungkus dalam kemasan fiksi. Hal yg jarang diberikan oleh novel2 drama percintaan biasa. Dan menurut gw itu kelebihannya.

Bagian motivasinya tentu bukan supaya orang naik gunung tanpa persiapan (iya, itu maksa sih). Tapi tentang konsep 5 cm, dimana kita taruh impian dan keinginan kita, 5 cm di depan mata kita, supaya dia dekat, dan kita bisa liat setiap saat, supaya kita tahu kalo kita bisa dan ga akan menyerah. Kira-kira begitu. Konsep ini bagus banget (walaupun mungkin cheesy).

Enam karakter utama di buku ini antara lain Genta yg menjadi semacam pemimpin mereka. Arial, yg rajin fitness tapi kaku. Riani, cewek berkacamata yg hobi makan kuah indomi. Zafran, yg puitis dan lebay. Ian, yg gendut dan sumber hiburan buat temen-temennya. Terakhir Arinda (Dinda), adik (kembar)nya Arial yg cakep banget dan ditaksir Zafran. Di film, penggambarannya sedikit beda sih. Riani digambarkan ga pake kacamata, padahal di buku dipake terus kacamatanya. Dan Raline Shah terlalu cakep dan hot buat meranin Riani. Kemudian harusnya ada karakter tambahan yg ga dimunculin di film, makanya di endingnya, Genta jadian sama Dinda. Padahal, dan ini juga yg waktu itu gw inget: Genta jadiannya ama orang lain. Trus Dinda ini statusnya adik atau saudara kembarnya Arial sih? Kelihatannya dia lebih muda, jadi harusnya adik ya.

Hal2 lain yg gw suka dari buku ini adalah dialognya (meskipun nyusunnya ngasal) natural, bahasanya ga kaku. Bagian2 awal sebelum mereka naik gunung juga banyak yg lucu, terutama si Ian. Misalnya dialog imajinernya Ian dan komputernya waktu dia ngerjain skripsi. Kemudian obrolan mereka dengan supir angkot di Malang yg suporter Arema. Sisanya hal-hal random kayak tebak-tebakan lagu, trus obrolan filosofi dengan gaya sok tahu, tapi hasilnya pembaca jadi ikut kecipratan obrolan mereka, dan jadi tambah tahu. Yg tentang Socrates, definisi IQ-EQ, manusia internal-eksternal, juga manusia yg bermanfaat bagi orang lain. Di beberapa bagian mungkin terasa ngebosenin, tapi banyak hal yg bisa kita dapet dari sana.

Perjalanan ke puncak Mahameru ini juga dimaksudkan sebagai titik penting dalam kehidupan mereka. Setelah mereka berhasil melaluinya, mereka diceritakan berubah menjadi lebih dewasa dan bijak. Agak lebay, tapi masuk akal.

Hal lain yg khas dari buku ini adalah, banyak quotes dari tokoh dunia yg macem-macem, dan juga lagu-lagu yg banyak banget. Sampe gw catetin itu, lagu apa aja yg diquote dalam bukunya. Lalu ada kalimat quotable yg mereka ucapkan sebelum naik gunung, yang kaki yg berjalan lebih jauh dsb, kalimat yg dipake di film biar keliatan keren. Emang bagus sih kalimatnya.

Sebagai penutup, buku ini merupakan buku bertema persahabatan yg bagus, dan ngasih pesan-pesan moral seperti motivasi, nasionalisme, dan idealisme buat pembacanya. Yang mungkin kalo mau digarap lebih serius dan diedit yg bener, bakal lebih bagus lagi.

-OoO-

p 216.
"Gue udah taruh puncak itu dan kita semua di sini."
"Kalo begitu... yang kita perlu sekarang cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja."
"Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya."
"Serta mulut yang akan selalu berdoa."

No comments:

Post a Comment