Monday, August 18, 2014

Menentukan Urutan Buku yang Dibaca

Buku terakhir yang gw baca bukan novel, tapi Tarbiyah Ruhiyah. Lho kok bisa begitu? Iya, soalnya beberapa bulan lalu, gw masukin semua judul buku yang ada di rumah ke list to read di goodreads. Tujuannya biar bacaan bervariasi aja, dan biar gw sempet baca bukunya. Kalo ga gitu ya ga bakalan dibaca.

Melihat banyaknya tumpukan buku di lemari, dan buku baru yang dibeli, tentunya bikin bingung mau baca yg mana. Orang2 mungkin milihnya asal aja, yang lagi pengen dibaca. Buat gw ga bisa begitu, ga adil kalo yg baru2 dibaca, tapi yang lama tetap berdebu. Makanya urusan mana buku yang akan dibaca gw serahin ke situs random.org. Tinggal pilih yang Sequence Generator, trus masukkan largest value-nya itu jumlah buku di shelf to-read. Nanti tinggal lihat 3 nomor teratas, dan buku dengan nomor urut itulah yang bakal gw  baca berikutnya.

Tapi kenyataan tidak semudah itu, soalnya selain buku milik sendiri, masih ada buku-buku lain yang menuntut untuk segera dibaca, yaitu buku pinjaman. Akhir-akhir ini di rumah banyak sekali buku pinjaman yang beredar. Ada yang emang pinjeman punya gw, tapi kebanyakan dari kakak gw. Belom lagi ada ebook2 yang pengen gw baca, kayak serial Game of Thrones, tapi ga dimasukin ke list to-read. Hmm, berarti harus dibenerin lagi nih aturannya.

Jadi sekarang, aturan yang berdasarkan random.org masih lanjut, tapi diselingi sama buku pinjeman atau ebook. Jadi kira-kira seperti ini urutannya.
1) buku hasil pilihan random.org
2) buku pinjeman
3) buku hasil pilihan random.org
4) ebook
5) buku hasil pilihan random.org


Ya paling ga, kalo begini jadi lebih adil. Walaupun tetep aja sih, bakal ada buku yang dapet gilirannya lamaaa banget.

Oiya, ada tambahannya lagi. Karena selain baca buku, gw juga nonton film, dan porsinya kadang ga berimbang (lagi pengen nonton banyak film), gw mau nambahin rule lagi. Minimal baca buku baru lagi setelah 5 hari dari selesai baca buku sebelumnya. Terakhir gw selesai baca hari Kamis, jadi hari Selasa mesti mulai baca buku berikutnya.

-OoO-

1 comment:

  1. Haha, aku juga pernah pake random.org buat nentuin buku yang dibaca, saking banyaknya yang mesti dibaca :)
    Kalau sekarang sih, biasanya yang jadi prioritas itu judul yang mesti direview (kayak e-ARC dari penerbit/NetGalley) baru baca yang lain. Tapi karena dasarnya juga mood2an, akhirnya baca yang sesuai dengan mood.

    ReplyDelete